Wednesday, September 07, 2005

~b-a-l-i~ Part II

#Vacation Day 2: Sukowati-Ubud-Celuk-Legian

Hari ini dimulai dengan sarapan pagi di hotel.
Ya standar lah, tapi lumayan buat penyangga perut.
Sesuai dengan judul diatas, gue ama Fitri bakal menjelajahi daerah Ubud dan sekitarnya.
Dan menurut temen gue Jenny, gue pasti bakal suka banget ama daerah ini.

Perjalanan di mulai jam 9 pagi, sedikit ngaret sih, karena mobil yang mau dipake datang telat. Yang nyetir, so pasti dounk teman gue tercinta, Fitri :p As you know lah, gue nggak begitu suka nyetir..hehehehe

Berbekal Lonely Planet-nya Fitri, kita memulai perjalanan, dengan kecepatan yang asyik asyik ajah. Sempat nyasar nyasar dikit, tapi akhirnya ketemu juga ama jalan By Pass menuju Ubud. Jalanan-nya sih nggak begitu rame, tapi dibilang lancar nggak juga, karena dibebarapa ruas jalan, ada kemacetan kemacetan kecil.

Pasar Sukowati

Kurang dari satu jam perjalan, gue nyampe di Pasar Sukowati. Pasar Sukowati adalah pasar yang sangat ngetop di Bali, rame banget, semua pernak pernak Bali bisa ditemukan disini, dengan harga yang cheap cheap. Tapi gue juga harus jujur sih, kalo kualitas barang disini nggak begitu bagus, tapi gue nggak bilang jelek ya... Cuma untuk ibu ibu atawa mbak mbak penggemar baju baju buat dirumah dan suka beli oleh oleh banyak, disinilah surganya:p Karena kalo beli di daerah legian or kuta, dengan kualitas yang sama harganya bisa 2 ampe 3 kali lipat.

Satu skill yang sangat diperlukan dalam aktifitas berbelanja di Bali adalah "bargaining skill" dengan motto: jangan malu untuk menawar serendah mungkin...huahahahaha, begitu juga di Pasar Sukowati ini.

Pedagang: Daster nya mbak, ada ukuran, banyak warna, silahkan liat liat...
Gue: Ini berapa mbak (sambil nunjuk sandal jepit bermote mote)?
Pedagang: 25 ribu, bisa kurang kok mbak, dan banyak warna...
Gue: Mahal banget ya?
Fitri: mau liat liat dulu aja mbak, tapi kalo 10 ribu bisa nggak mbak?
Pedagang: Ambil berapa?
Gue ama Fitri: Pandang pandangan...?!?!?!?!
Gue: Pit kayaknya kita salah nawar deh, kok langsung mau (sambil bisik bisik tentunya)
Fitri: nggak mbak, mau liat liat dulu ajah
Gue ama Fitri: Kabuuurrr....

Hehehehehehe...., itu salah satu peristiwa yang lucu, selama gue melakukan inspeksi di Pasar Sukowati. Gue nggak terlalu lama di pasar ini, karena terlalu rame, crowded, dan tambah lama tambah bikin gue pusing. Jadi sebelum migraine datang menyerang, mending gue kabur ke sasaran gue selanjutnya, Ubud.

Ubud

Kesan yang gue rasakan ketika nyampe di Ubud: I'm Falling in love with this place!!!
Mungkin karena gue orang gunung, jadi gue ngerasa homy banget disini, jauh lebih tenang dari pada daerah yang ada lautnya. Disini aura kesenian lebih berasa dan tempat yang asyik banget buat bengong bengong, sambil jalan jalan santai. Dan gue janji pada diri gue sendiri, Next time kalo gue ke bali lagi, I'll spend, at least, 1 week in Ubud!!!

Di Ubud, gue disambut dengan kesibukan masyarakat Ubud dalam mempersiapkan upacara pembakaran mayat atau Ngaben, yang bakal dilakukan beberapa hari kedepan. Dilihat dari begitu tinggi-nya menara yang lagi dibangun (gue nggak tau istilahnya apa), gue bisa memperkirakan kalo yang meninggal termasuk salah satu golongan yang cukup tinggi dan dihormati di dalam agama Hindu.

Puas liat liat dan tentu ajah photo photo, gue ama Fitri, masuk ke pasar seni Ubud, sekilas mirip ama Pasar Sukowati, tapi sedikit lebih teratur dan tidak begitu crowded, dipasar ini bisa ditemukan banyak banget kerajinan kerajinan Bali, such as silver, rotan, dan asesories dari kerang + teman temannya. Dan banyak banget sebenarnya yang pengen gue bawa pulang dari sini, cuma gue nggak tau dibagian mana dari rumah gue yang bakal bisa gue gunain untuk memajang semua kerajinan tangan yang lucu lucu itu, ihiks...., padahal imajinasi gue udah kemana mana. Tapi sebelum keluar pasar, gue dapet tas yang murah banget, karena gue pembeli pertama di toko tersebut..hihihihi

Rasa lapar mulai menyerang, ketika siang mulai menjelang, akhirnya gue makan di Lotus, dan menu gue, udah pasti nasi campur bali. Kalo gue boleh jujur, nilai buat makanan yang gue pesen ini cuma 6,5 dari skala sepuluh. Makanan-nya hambar banget, sampe temen gue ajah minta sambel berkali kali biar ada rasanya:p

Perjalanan dilanjutin lagi sehabis makan, kali ini target gue menjelajahi toko toko kerajinan kecil kecil di sekitar Ubud. Banyak banget barang barang unik dan lucu lucu di toko toko ini, dan bikin gelap mata banget deh, rok lilit dari tenun ikat bali yang keren banget (Ps: gue nggak berani beli karena nggak tau harga pasaran, ihiks..), tas tas lucu yang nggak diproduksi masal, sandal sandal etnik yang cute banget, batik batik lusuh...ooohhh noooo!!! kesukaan gue banget, untung masih bisa menahan diri. Dan yang bikin surprise banget, gue nemu toko beads, manik manik, resin dan monel yang selama ini gue cari cari buat bahan dasar asesories yang gue bikin. Excellent nggak sihhh!!!!
But, Time is over for Ubud, We have to go to the next place:-(
Padahal... gue belom puas liat liat!
Padahal... belom semua toko gue masukin!
Padahal... gue masih pengen nyoba sepeda dayung!
Padahal... gue masih pengen duduk + bengong bengong!
Padahal... Padahal... Calm Down Nov!!!
Next time honey....
Celuk
Akhirnya, cabut juga dari Ubud (dengan perasaan nggak rela), menuju Celuk. Dari informasi yang gue kumpulkan, celuk adalah pusat kerajinan silver di Bali. Udah nggak sabar pengen kesana, karena gue Silver Lover:p. Nyampe di Celuk, gue bingung, ternyata tempatnya nggak seperti yang gue bayangin (atau gue yang nggak nemu??). Dalam bayangan gue, berderet deret toko yang nawarin silver, tapi yang ada rumah rumah yang terpisah satu dan lainnya. Jadi kurang nyaman untuk dijelajahi. Ditambah lagi dengan matahari yang begitu garang sinarnya. Gue putuskan untuk berhenti di salah satu rumah, kesan pertama yang gue tangkap adalah, design silvernya mirip banget dengan kota gede di jokja, sangat klasik. Akhirnya dengan perasaan nggak puas, gue balik ke mobil dan beranjak pulang ke arah Legian.
Seminyak-Legian-Kuta
Nyampe lagi di daerah legian, dan gue langsung minta tolong ke Fitri buat nganterin ke gue ke seminyak, karena gue pengen ke pusat Mario Silver. Disini, model silver nya lebih up to date menurut sudut pandang gue. Akhirnya gue putusin untuk beli beberapa rings disini. Setelah puas bela beli silver, gue tutup perjalan gue hari ini dengan berjalan kaki di sekitar hotel, sampai rasa lapar menjelang:p
Warung Made di kawasan seminyak menjadi alternatif buat makan malam, setelah Kudeta keliatan terlalu rame. Dan seperti biasa gue mesen nasi campurBali lagi dunk. Buat kali ini gue kasih nilai 8,5 deh skala 10.
Habis makan gue jalan jalan di toko toko kecil di area warung made, dan nemu toko perhiasan etnik yang lumayan exclusif, yang mengakibatkan price nya jadi lumayan mahal. Dengan pertahan diri yang bagus, gue terhindar dari kegelapan mata pengen beli, karena gue tau gue bisa bikin sendiri....huahahahahaha
Bersambung

0 Comments:

Post a Comment

<< Home